Sebuah teknik sederhana dengan permainan kata-kata saja bisa menghasilkan penjualan signifikan.
Formula ini ada 3 jenis. Sebelum menuju ke situ alangkah baiknya kita harus tahu apa itu copywritting.
Copywriting menurut saya adalah seni menulis yang menarik seseorang agar melihat, mengklik, dan membeli apa yang anda tawarkan.
Sebelum membuat copywriting ada hal yang perlu anda perhatikan.
1. Target market
2. Niche
3. Produk anda
Setelah tahu apa yang harus diperhatikan ada 3 formula yang bisa anda gunakan dalam copywriting yaitu AIDA, PAS dan FAB.
Formula AIDA
- Attention/perhatian
Menarik perhatian pembaca dan pembeli. Langkah awal agar pembaca berhenti scroll dan membaca tulisan atau iklan anda...
- Interest/minat
Tunjukan minat bahwa tulisan anda memang cocok dengan minat anda.
- Desire/keinginan
Desire atau keinginan itu bisa menunjukan masalah yang jadi solusi bagi mereka untuk membeli produk anda
- Action/tindakan
Ketika calon pembeli ingin membeli produk anda. Apa tindakan selanjutnya untuk mengakses beli produk anda. Bisa no whatsapp, telp, atau form website.
Oke itulah formula AIDA. Sekarang saya beritahu contoh dari AIDA.
Produk : sepatu bola
Nice : sepatu
Target market : anak muda
Attention.
Mau main bola tapi gak punya sepatu bola kuat dan nyaman?
Interest.
Main bola bukan sekedar menendang bola tapi kenyamanan dalan bermain bola. Termasuk kenyamanan sepatu anda dan juga kuat.
Desire
Kalau selama ini anda bermain bola tapi dengan sepatu yang membuat kaki anda pegal padahal baru 10 menit memakainya.
Nah...
Ini solusi untuk anda yang ini nyaman bermain bola dan tidak pegal memakai sepatu bola.
Action
Bisa klik ini jika anda mau sepatu bola nyaman dan tidak gampang pegel
>> sepatu sport ACT
Kurang lebih seperti itu contoh dari AIDA. Anda bisa melatih dengan memperluas kata dan target market anda
Formula PAS
- Problem/masalah
Timbulkan rasa dan masalah dalam formula ini. Jadi apa masalah yang dihadapi oleh target market dan produk anda apa.
- Agigate/mengganggu ketenangan
Membangkitkan emosi negatif pada target market atau calon pembeli anda dari masalah yang di hadapi di atas.
- Solution/solusi
Anda menawarkan solusi terbaik yang dihadapi target market anda.
Contoh dari PAS sebagai berikut untuk produk jasa laundry.
- Problem
Anda sibuk bekerja dan gak sempet buat nyuci pakaian?
- Agigate
Stress sudah capek, banyak kerjaan dikantor, gak ada waktu, cucian numpuk dan stok baju menipis.
- Solution
Tenang, jangan khawatir.
JOB Laundry solusi untuk anda yang sibuk bekerja dan gak sempet nyuci pakaian.
Hubungi kami melalui
Telp/WA : 08xxxxxxxx
Formula FAB
- Feature/karakter/ciri utama produk
Menerangkan apa ciri khas utama produk anda.
- Advantage/keuntungan
Keuntungan apa yang ditawarkan produk anda sebutkan semua keuntungan dari produk sejenis
- Benefit/manfaat
Manfaat apa yang didapat jika membeli produk anda dibanding kompetitor.
Contoh produk menjual handphone.
- Feature
Dengan handphone yang memiliki kamera 23 megapiksel anda tidak perlu khawatir dalam membuat vlog atau video.
- Advantege
Keuntungan dari handphone ini selain kamera yang mumpuni tidak gampang lobet
- Benefit
Selain kamera 21 megapiksel dan batre 3500 mah. Ada lagi manfaat yang di dapat dari handphone ini. Yaitu
- harga terjangkau hanya Rp xxx
- servis gampang dan cepat
- bisa COD
- free aksesoris tambahan
- dll
Banyak sekali orang yang asal dalam copywritting bahkan tidak tau 3 formula simple ini. Agar tidak bingung dalam menulis dan kerangkanya.
Copywriting akan handal jika anda mengasahya setiap hari dan mencoba tes produk anda dan tentunya dengan market yang tepat.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa share tulisan ini
0 Komentar