Anton menyukai sepatu sport untuk dia bermain bola. Tapi sepatu anton sekarang sudah usang dan mulai rusak karena sudah sering dipakai bermain bola.
Anton buka sosial media, munculkan lah iklan tentang sepatu yang dia mau. Lalu scroll sana sini akhirnya memutuskan untuk beli sepatu sport yang cocok untuk nya.
Kurang lebih seperti itu target market bekerja.
Anda bisnis harus ada target marketnya. Definisi target market menurut saya adalah menentukan orang-orang yang tepat dengan produk yang Anda jual.
Contoh seperti anton diatas.
Kenapa target market sangat penting :
- Meningkatkan margin sales
Sebuah perusahaan pasti ingin meningkatkan keuntungan setiap harinya. Bukan hanya perusahaan skala besar.
Yang masih single fighter bisnis pun harus memiliki keuntungan.
Dengan target market yang tepat akan menambah margin sales bisnis anda. Sehingga menambah pertumbuhan bisnis anda.
- Menambah audience list baru
Audience lama memang penting untuk anda broadcasting kembali jualan anda. Tapi dengan menambah audience baru setiap hari nya ini pun penting dalam bisnis anda.
Contoh bulan kemarin anda memiliki 100 audience pembeli.
Bulan ini anda harus memiliki 100 audience pembeli baru lagi. Agar bisnis anda berkembang setiap harinya.
- Mengurangi boncos dalam marketing
Jika anda salah saja menentukan target market, Siap-siap bisnis anda boncos.
Kenapa bisa begitu?
Contoh anda jualan sepatu, tapi anda iklan berbayar dengan target market ibu-ibu yang suka masak. Siapa yang mau beli???
Anda harus target sesuai contoh anton diatas. Pria penyuka sepatu sport.
- Memudahkan evaluasi
Evaluasi bisnis sangatlah penting. Jika tanpa evaluasi yah bisnis anda akan stugnan. Bahkan boncos parahnya lagi gulung tikar.
Evaluasi bisnis anda mulai dari awal. Siapa target market anda, tujuan anda buat bisnis, visi misi, budget, dan jika sudah anda lakukan action jika ada sebuah kesalahan/boncos.
Itulah sharing bisnis dari saya. Semoga bermanfaat. Jika anda ingin menjadi share artikel ini silahkan klik share dibawah ini.
:)
0 Komentar