Apa itu Inbound Marketing

 







Sharing kali ini saya akan menjelaskan apa itu Inbound Marketing?

Saat ini dunia marketing sudah banyak sekali perubahan. Zaman dulu memasarkan produk hanya manual dari mulut ke mulut dan tradisional (melalui iklan tv, koran, majalah).

Atau istilahnya outbound marketing.

Dalam Inbound Marketing berbeda, kita akan membentuk pasar sendiri dengan metode internet.

Inbound Marketing adalah sebuah metode pemasaran produk dengan media internet agar calon pembeli menemukan bisnis anda.

Jadi disini seseorang tidak merasa terganggu jika anda melakukan posting atau broadcast sesuatu karena tidak ada paksaan.

Inbound Marketing bisa berupa sosial media, ads iklan, email marketing.

Namun lebih efektif email marketing menurut versi saya.

Karena jika email yang anda kirim kan kepada calon pembeli anda merasa terganggu, anda sudah menyediakan tombol unsubcribe biasanya.

Jadi tidak perlu khawatir akan kehilangan subscribe karena internet luas. 

Inbound Marketing bertujuan membesarkan bisnis anda sendiri dengan mengumpulkan database (intinya begitu).

Namun ada 4 hal disini proses yang anda harus lalui dalam melakukan Inbound Marketing. Yaitu : 

1. Atensi

Tahap awal Anda harus memberikan sebuah perhatian atau atensi agar calon customer masuk kedalam market anda.

Seperti memberikan sebuah give away berupa, free ebook, kupon diskon, free trial, dll.


2. Konvert

Tahap ini adalah mengubah calon customer menjadi leads atau database anda dalam wadah khusus seperti email marketing tools, group wa, group telegram dll. 

Saya biasanya email marketing tools.

Dan buat beberapa email daily yang menggiring calon customer untuk membaca edukasi dari kita.

3. Closing

Setelah masuk kedalam wadah market anda misal anda menggunakan email marketing yaitu tools email marketing.

Maka lakukan selanjutnya adalah menggiring agar para calon customer melakukan pembelian untuk pertama kalinya.

Entah itu produk utama atau produk trial anda.

Untuk mengetes biasanya produk trial atau produk murah terlebih dulu.

4. Relasi

Setelah itu, jangan diamkan database anda. Lakukan dan komunikasi selalu subscribe anda.

Agar tidak lupa dan mereka selalu tersedukasi dengan anda.

Bangun relasi agar lebih kuat dan selanjutnya anda bisa menawarkan offer yang lebih mahal kepada pembeli loyal anda ini.


P.S jika anda mau dibuatkan offer bisnis online secara profesional bisa bekerja sama dengan saya bisa Klik disini

Itu lah proses inbound marketing. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini linknya dibawah.


Posting Komentar

0 Komentar